Sunday, 8 January 2012

Mengenal Kereta penumpang Indonesia


Kapasitas
Kapasitas angkut penumpang yang disediakan PT Kereta Api Indonesia (Persero) di Jawa dan Sumatera adalah sebanyak 106.638 tempat duduk per hari dengan rasio kelas eksekutif (15%), bisnis (27%), dan ekonomi (59%). Bila tempat duduk dikaitkan dengan jarak tempuh, maka total kapasitas melambung menjadi sebanyak 41.528.450 tempat duduk per kilometer per hari dengan rasio kelas eksekutif (17%), kelas bisnis (25%), dan kelas ekonomi (58%).


Kelas Argo
Kelas Argo adalah kelas layanan tertinggi PT Kereta Api Indonesia (Persero), yaitu dengan kereta penumpang berkapasitas 50/52 orang per kereta. Layanan yang disediakan adalah tempat duduk yang bisa diatur, pendingin udara, hiburan audio visual dan layanan makanan.

Rangkaian kereta api jenis ini mulai diluncurkan pada tanggal 31 Juli 1995 untuk memperingati 50 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Pada awalnya hanya dua kereta api yang dioperasikan, yaitu Argo Bromo yang melayani rute Gambir–Surabaya Pasar Turi dan Argo Gede yang melayani rute Gambir–Bandung. Saat ini, kereta api Argo Bromo telah digantikan dengan Argo Bromo Anggrek dan KA Argo Gede juga telah diberhentikan pengoprasiannya.



                                                                            KA Argo Jati

Kereta api kelas Argo lainnya adalah:
Kereta api Argo Bromo Anggrek yang melayani rute Gambir–Pasar Turi.
Argo Muria yang melayani rute Gambir–Semarang.
Argo Lawu dan Argo Dwipangga yang melayani rute Gambir-Yogyakarta–Solo Balapan.
Argo Wilis yang melayani rute Bandung–Surabaya Gubeng.
Argo Jati yang melayani rute Gambir–Cirebon.
Argo Dwipangga yang melayani rute Gambir-Yogyakarta–Solo Balapan.
Argo Sindoro yang melayani rute Gambir–Semarang Tawang.



                                                                               KA Sembrani

Kelas Retrofit
Kelas Retrofit adalah Kereta sekelas Argo tetapi bukan argo seperti Kereta di bawah ini

Sembrani yang melayani rute Pasar Turi-Gambir.
Gajayana yang melayani rute Malang-Gambir.
Argo Jati yang melayani rute Cirebon-Gambir



                                                                          KA Cirebon Express

Kelas Eksekutif Bisnis
Kelas Publik adalah kelas layanan kedua tertinggi, dengan kereta penumpang kelas eksekutif (52 penumpang) dan bisnis (64 penumpang). Layanan kelas publik diberikan pada jalur-jalur berikut ini:

Cirebon Ekspres yang melayani rute Cirebon-Gambir
Sancaka yang melayani rute Surabaya Kota–Yogyakarta.
Mutiara Timur yang melayani rute Surabaya Kota–Banyuwangi hingga Denpasar, Bali menggunakan bus dari Banyuwangi.
Lodaya yang melayani rute Bandung-Solo Balapan.
Malabar yang malayani rute Bandung-Malang.
Bima yang melayani rute Jakarta Kota-Yogyakarta-Surabaya Gubeng.
Taksaka yang melayani rute Jakarta Kota-Yogyakarta.
Gumarang yang melayani rute Jakarta Kota–Surabaya Pasar Turi.
Purwojaya yang melayani rute Gambir-Cilacap
Turangga yang melayani rute Bandung–Surabaya Gubeng.
Harina yang melayani rute Bandung-Semarang Tawang.
Rajawali yang melayani rute Semarang Tawang-Surabaya Pasar Turi.


Kelas Bisnis
Di bawah kereta api kelas © adalah kelas komersial, yang mencakup semua kereta eksekutif dan bisnis lainnya.

Senja Kediri yang melayani rute Pasar Senen-Kediri
Purwojaya yang melayani rute Gambir-Cilacap
Bangunkarta yang melayani rute Pasar Senen-Jombang.
Senja Utama dan Fajar Utama dari Pasar Senen ke Stasiun Yogyakarta,Solo Balapan dan Semarang Tawang.
Argo Parahyangan yang melayani rute Gambir-Bandung.



Kelas ekonomi
Dalam rangka pemerataan pelayanan kepada semua lapisan masyarakat, selain mengoperasikan sejumlah kereta api komersial yang berfungsi sebagai subsidi silang pada pelayanan kereta api kelas ekonomi, PT Kereta Api Indonesia (Persero) juga mengoperasikan sejumlah rangkaian kereta api kelas ekonomi unggulan, yaitu:

Pasundan yang melayani rute Kiaracondong-Surabaya Kota
Tegal Arum yang melayani rute Jakarta Kota-Tegal
Brantas yang melayani rute Tanah Abang–Kediri.
Matarmaja yang melayani rute Malang-Pasar Senen.
Kereta api Kaligung yang melayani rute Brebes–Semarang Poncol.
Logawa yang melayani rute Purwokerto–Jember
Sri Tanjung yang melayani rute Banyuwangi–Lempuyangan.
Tawang Alun yang malayani rute Malang-Banyuwangi.
Bengawan yang melayani rute Tanah Abang–Solo.
Progo yang melayani rute Pasar Senen–Yogyakarta.
Serayu yang melayani rute Jakarta Kota-Tanah Abang
Kereta api Kutojaya Utara
Gaya Baru Malam Selatan rute Jakarta Kota-Surabaya

                                                                     KA Gaya Baru Malam Selatan


Kereta api Lokal
Tarif kereta api kelas ekonomi ditetapkan oleh pemerintah sehingga secara keseluruhan biaya operasi tidak dapat ditutup dengan tarif yang dikenakan kepada masyarakat. Sampai saat ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan subsidi silang dari pendapatan rangkaian kereta api kelas Argo dan kelas satu pada kelas ekonomi. Beberapa kereta yang dioperasikan adalah:

Kereta Rel Diesel yang melayani rute Surabaya Pasar Turi-Cepu dan Surabaya Kota-Kertosono.
Penataran yang melayani rute Surabaya Kota-Blitar lewat Malang.
Probowangi yang melayani rute Probolinggo-Banyuwangi.
Rapih Dhoho yang melayani rute Surabaya Kota-Blitar lewat Kertosono.
Tumapel yang melayani rute Malang-Surabaya Gubeng.
Pandanwangi yang melayani rute Jember-Banyuwangi.
Kereta api Patas Merak jurusan Rangkasbitung-Merak.
Kereta Lokal Bandung Raya yang melayani rute Padalarang-Bandung-Cicalengka hingga Cibatu, Garut.
Kereta Lokal (KRD) Surabaya yang melayani rute Surabaya-Lamongan, Surabaya-Sidoarjo, dan Surabaya-Mojokerto.


                                                              KA Tanah Abang - Rangkas Bitung


Komuter
Komuter adalah kereta api yang beroperasi dalam jarak dekat, menghubungkan kota besar dengan kota-kota kecil di sekitarnya atau dua kota yang berdekatan. Penumpang kereta ini kebanyakan adalah para penglaju bermobilitas tinggi yang pulang-pergi dalam sehari, misalnya ke tempat kerja atau sekolah. Tidak mengherankan apabila frekuensi perjalanan komuter termasuk tinggi dan jumlah penumpangnya juga paling banyak dibanding kereta jenis lainnya.

Di Indonesia, jaringan komuter masih menjadi satu dengan kereta api jarak jauh, bahkan kebanyakan rangkaian kereta apinya juga diambil dari bekas kereta api jarak jauh. Walaupun demikian, pemerintah saat ini sedang mempersiapkan pembangunan jaringan kereta api komuter yang lebih canggih, seperti monorel, kereta bawah tanah, maupun Mass Rapid Transit (MRT) yang rencananya akan dibangun di Jakarta dan Surabaya.

Komuter umumnya dilayani oleh rangkaian kereta api ekonomi, tetapi beberapa sudah ada yang dilayani oleh kereta kelas bisnis bahkan kelas eksekutif, seperti kereta api Pakuan jurusan Jakarta- Bogor. Jalur-jalur kereta komuter yang ada di Indonesia antara lain:

KRL Jabotabek/Commuter Line, merupakan jalur komuter tertua di Indonesia yang melingkupi daerah Jakarta Raya, melayani para penglaju dari Jakarta ke Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, termasuk jalur cabang ke Serpong.



Kereta wisata
Salah satu rangkaian kereta api wisata yang dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero).

PT Kereta Api Indonesia (Persero) juga menyediakan layanan kereta wisata yang tarifnya disesuaikan dengan harga tiket tertinggi pada kereta yang dirangkaikan dengan kereta wisata tersebut. Gerbong kereta wisata diberi nama Nusantara, Bali, dan Toraja. Selain itu, di Ambarawa tersedia pula kereta wisata dengan lokomotif uap bergigi. Di Solo, kereta wisata Punokawan jurusan Purwosari–Wonogiri menelusuri jalan Slamet Riyadi di Kota Solo. Adapun di Sumatera Selatan, tersedia kereta wisata yang diberi nama Kereta Sultan, sedangkan di Sumatera Barat tersedia pula kereta wisata yang bertujuan ke Lembah Anai dan Pantai Pariaman.  (Sumber Wikipedia)


123

No comments:

Post a Comment